Wednesday, December 4, 2013

Tutorial Desain Logo (Part1)

Tutorial Desain Grafis – Logo


Kenali Logo Anda

Jika Anda lihat sekeliling, dengan amat mudah Anda menemukan logo digunakan pada berbagai obyek. Hampir semua benda yang Anda gunakan secara langsung maupun tidak langsung mempunyai logonya masing-masing.
Lihatlah baju yang Anda pakai, pasti Anda temukan logo dari merek atau produsennya. Tengok pula sepatu yang Anda kenakan, Anda akan temukan logo di sana. Tebarkan pandangan Anda sejenak ke sekeliling, buku, pulpen, meja, kursi, komputer, handphone, jam dinding, apa saja yang ada di sekeliling Anda pasti ada logo tersemat padanya.
Hal ini karena logo memang memainkan peran sentral dalam segala hal yang terkait dengan suatu perusahaan. Logo merupakan representasi suatu perusahaan, yang sangat mudah dikenali oleh publik. Dengan hanya melihat logo, publik akan secara cepat mengasosiasikan suatu produk dengan nilai-nilai kualifikasi tertentu.
Secara singkat, logo mengemas keseluruhan nilai suatu perusahaan, dan menyampaikannya secara cepat, singkat, padat dan jelas kepada publiknya.
Karenanya, mempunyai logo yang tepat adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam mendesain untuk sebuah perusahaan.

Ragam Logo

Secara garis besar, kita bisa membagi logo menjadi 3 (tiga) macam, yaitu: logo berbasis teks (text based logo), logo ikonik (iconic logo) dan logo ilustratif (illustrative logo). Kita akan membahasnya satu per satu supaya Anda bisa memilih tipe logo mana yang cocok untuk kepentingan bisnis Anda.

Logo Berbasis Teks

Logo FedEx
Sebagaimana terlihat pada namanya, logo berbasis teks menggunakan teks sebagai elemen utama dalam pembuatannya. Nama yang dimaksud bisa berupa nama perusahaan secara lengkap, atau juga nama brand (brand name) yang dianggap lebih mudah diingat klien dan lebih menarik.
Contoh perusahaan yang menggunakan logo berbasis teks adalah bii (Bank Internasional Indonesia), kia (keramik), FedEx (jasa pengiriman), samsung (elektronik) dan sebagainya.
Logo BII
Umumnya, alasan suatu perusahaan menggunakan logo berbasis teks adalah kemudahan dan kejelasan maksud pesan yang coba disampaikan. Karena, audiens tak perlu berupaya mengasosiasikan suatu simbol dengan suatu makna, yang harus dilakukan hanyalah membaca nama yang menjadi logo dan mereka bisa langsung paham apa yang dimaksud.
Ada hal yang musti diperhatikan saat membuat logo berbasis teks, yaitu dari faktor nama yang akan coba dijadikan logo. Sebaiknya, nama yng dijadikan logo adalah nama yang mudah dicerna, asosiatif dengan bisnis/bidang usaha yang dijalankan perusahaan, menarik secara verbal dan enak didengar.
Memang, semua hal itu terdengar sangat relatif, namun faktanya semakin mudah nama perusahaan/brand yang Anda angkat, semakin mudah pula audiens mengingatnya dalam otak. Yang berarti, semakin terjamin pula keberhasilan kampanye yang Anda jalankan. Ok?

Logo Ikonik

Logo Mercedes Benz
Pada proyek kedua ini, kita akan mencoba membuat logo ikonik. Sebagaimana yang telah disinggung di atas, logo ikonik adalah jenis logo yang memanfaatkan suatu ikon (simbol/lambang) sebagai representasi pemilik/bisnis bersangkutan.

No comments:

Post a Comment