Semuanya menggunakan logo ikonik dengan berbagai pertimbangan yang sesuai dengan kondisi perusahaan masing-masing. Namun, secara garis besar, kita bisa menarik beberapa alasan mendasar mengapa mereka menggunakan logo jenis ini.
- Logo ikonik memudahkan asosiasi publik dengan bisnis yang dimaksud.
- Logo ikonik memudahkan suatu pencitraan perusahaan/institusi dengan nilai-nilai tertentu yang diusungnya.
- Logo ikonik cenderung lebih menarik dan komunikatif dibandingkan logo berbasis teks.
- Nama perusahaan/bisnis kurang begitu asosiatif dengan cakupan bisnis yang dimaksud. Sehingga, penggunaan suatu ikon akan memudahkan audiens untuk memahami apa bidang yang dikerjakan perusahaan bersangkutan.
- Adanya upaya simbolisme tertentu akan citra perusahaan dengan suatu makna yang lebih dulu dikenal publik. Semisal, suatu perusahaan jasa ekspedisi mungkin akan menggunakan simbolisme yang berkaitan dengan kecepatan dan ketepatan, seperti sayap, gerakan maju, angin, petir dan sebagainya. Simbolisme semacam ini sudah dikenal publik, sehingga dengan memanfaatkan simbolisme tersebut, perusahaan berupaya menanamkan pemahaman akan citra perusahaan bersangkutan sesuai nilai simbolnya.
- Upaya perusahaan untuk memudahkan audiens/publik secara cepat mengenali dan mengasosiasikannya dengan suatu makna. Adalah suatu fakta bahwa secara instingtif, manusia lebih mudah memahamui bahasa gambar dibandingkan bahasa tulisan. Di luar tingkat intelegensi seseorang, persepsi lebih mudah dibentuk dalam bentuk gambar (pictoral), karena makna akan langsung masuk ke dalam alam bawah sadarnya, tanpa perlu melalui pencernaan pikiran.
Logo Ilustratif
Sebagaimana yang terlihat dari namanya, logo ilustratif mengguna gambar ilustrasi yang relatif lebih kompleks dari gambar yang digunakan pada logo ikonik.Mengapa digunakan macam logo seperti ini? Logo ilustratif mempunyai keunggulan dibandingkan dua jenis logo lainnya karena secara visual logo ilustratif lebih menarik. Semakin menarik dan indah ilustrasi yang digunakan, semakin baik logo tersebut. Semakin bagus ilustrasi yang digunakan semakin kuat pula representasi perusahaan/pihak yang direpresentasikannya.
Tapi yang harus diingat adalah, logo jenis ini membutuhkan biaya yang relatif lebih besar dalam reproduksinya. Karena, jumlah warna, bentuk dan ukuran biasanya lebih besar jika dibandingkan kedua logo lainnya. Selain itu, logo ilustratif juga membutuhkan perhatian lebih saat direproduksi pada berbagai material.
Karenanya, logo jenis ini lebih cocok digunakan untuk perusahaan yang lebih beorientasi pada kepentingan web atau desktop publishing. Sementara untuk perusahaan konvesional yang lebih banyak berorientasi pada kepentingan cetak, penulis kurang menyarankan penggunaan tipe logo ini.
So, selamat merancang logo Anda. Good luck!
No comments:
Post a Comment