Wednesday, December 4, 2013

Tutorial Desain Logo (Part2)

Ada banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan jenis logo ikonik ini dalam kampanye pemasarnnya. Nama-nama seperti Telkom, Pertamia, Maspion adalah beberapa diantara perusahaan di tanah air yang memetik banyak keuntungan dari jenis logo ini. Sementara, untuk ukuran internasional, kita bisa menyebut nama Apple sebagai produsen komputer terkemuka, Windows sebagai operating system yang paling banyak dipakai orang sedunia, Mercedes Benz sebagai merek mobil paling wahid, lalu Yellow Pages dan masih banyak lagi.
Logo Yellow Pages
Semuanya menggunakan logo ikonik dengan berbagai pertimbangan yang sesuai dengan kondisi perusahaan masing-masing. Namun, secara garis besar, kita bisa menarik beberapa alasan mendasar mengapa mereka menggunakan logo jenis ini.
  1. Logo ikonik memudahkan asosiasi publik dengan bisnis yang dimaksud.
  2. Logo ikonik memudahkan suatu pencitraan perusahaan/institusi dengan nilai-nilai tertentu yang diusungnya.
  3. Logo ikonik cenderung lebih menarik dan komunikatif dibandingkan logo berbasis teks.
Anda bisa mencoba menemukan sendiri banyak alasan lain mengapa logo ikonik banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan sukses di dunia. Yang patut Anda pegang adalah, apakah faktir-faktor tersebut sesuai dengan kondisi perusahaan/bisnis Anda sendiri. Ada beberapa faktor perusahaan/bisnis yang cocok menggunakan logo jenis ini, yaitu:
  1. Nama perusahaan/bisnis kurang begitu asosiatif dengan cakupan bisnis yang dimaksud. Sehingga, penggunaan suatu ikon akan memudahkan audiens untuk memahami apa bidang yang dikerjakan perusahaan bersangkutan.
  2. Adanya upaya simbolisme tertentu akan citra perusahaan dengan suatu makna yang lebih dulu dikenal publik. Semisal, suatu perusahaan jasa ekspedisi mungkin akan menggunakan simbolisme yang berkaitan dengan kecepatan dan ketepatan, seperti sayap, gerakan maju, angin, petir dan sebagainya. Simbolisme semacam ini sudah dikenal publik, sehingga dengan memanfaatkan simbolisme tersebut, perusahaan berupaya menanamkan pemahaman akan citra perusahaan bersangkutan sesuai nilai simbolnya.
  3. Upaya perusahaan untuk memudahkan audiens/publik secara cepat mengenali dan mengasosiasikannya dengan suatu makna. Adalah suatu fakta bahwa secara instingtif, manusia lebih mudah memahamui bahasa gambar dibandingkan bahasa tulisan. Di luar tingkat intelegensi seseorang, persepsi lebih mudah dibentuk dalam bentuk gambar (pictoral), karena makna akan langsung masuk ke dalam alam bawah sadarnya, tanpa perlu melalui pencernaan pikiran.
Kondisi semacam ini, jika bisa kita manfaatkan, maka niscaya logo ikonik yang kita buat tak hanya cepat ditangkap, namun juga lama bertahan dalam benak audiens kita.

Logo Ilustratif

Logo Mozilla Firefox
Sebagaimana yang terlihat dari namanya, logo ilustratif mengguna gambar ilustrasi yang relatif lebih kompleks dari gambar yang digunakan pada logo ikonik.
Mengapa digunakan macam logo seperti ini? Logo ilustratif mempunyai keunggulan dibandingkan dua jenis logo lainnya karena secara visual logo ilustratif lebih menarik. Semakin menarik dan indah ilustrasi yang digunakan, semakin baik logo tersebut. Semakin bagus ilustrasi yang digunakan semakin kuat pula representasi perusahaan/pihak yang direpresentasikannya.
Tapi yang harus diingat adalah, logo jenis ini membutuhkan biaya yang relatif lebih besar dalam reproduksinya. Karena, jumlah warna, bentuk dan ukuran biasanya lebih besar jika dibandingkan kedua logo lainnya. Selain itu, logo ilustratif juga membutuhkan perhatian lebih saat direproduksi pada berbagai material.
Karenanya, logo jenis ini lebih cocok digunakan untuk perusahaan yang lebih beorientasi pada kepentingan web atau desktop publishing. Sementara untuk perusahaan konvesional yang lebih banyak berorientasi pada kepentingan cetak, penulis kurang menyarankan penggunaan tipe logo ini.

So, selamat merancang logo Anda. Good luck!

No comments:

Post a Comment